Jumat, 27 Juli 2012

Android Webcam

Leptop dan atau notebook biasanya sudah tertanam webcam dari pabrikannya. Letaknya ada diatas monitor, ada yang bisa digerakan dan ada juga yang statis. Fungsi webcam sendiri adalah untuk memfasilitasi kita, user, jika ingin melakukan video-conference atau video-chat. Tapi bagaimana jika webcamnya ternyata rusak? Sedangkan kita sangat butuh webcam tersebut. Ada beberapa solusi :

1. Benerin webcam nya
2. Beli Webcam eksternal
3. Pake leptop temen

Gw mengalami hal sama seperti di atas. Ketika temen gw mengajak untuk video-chat tapi webcam gw hard-soft-ware nya error semua --a

Opsi pertama gw males ngelakuinnya, karena gw ga bisa pisah sama leptop *pelukleptop*. Opsi kedua bisa aja gw lakuin, tapi ketika liat isi dompet, gugurlah opsi tersebut. Nah, opsi yang terakhir, ternyata gw sendirian dikontrakan [--"].

Akhirnya muncul opsi ke-4, pake kamera HP gw sebagai webcam. Dengan asumsi, HP smartphone (OS Android) pasti bisa jadi apa aja (bahkan jadi penolong saat dkejar bulldog, tapi lebih manjur dengan Nokia tipe jadul. XD). Setelah guling2 googling di playstore, gw dapet aplikasi bernama Droidcam yang bisa menjadikan kamera HP gw sebagai webcam.

Untuk menggunakan app ini, selain diinstall pada HP juga dibutuhkan app client di PC.

Ada 4 macam koneksi yang dapat digunakan

Tampilan Interface pada Software Client (PC)
Untuk fitur koneksi via Server WiFi dan Bluetooth harus menggunakan DroidcamX yang merupakan versi berbayarnya. Tapi gw menggunakan yang versi gratisnya. bedanya dengan versi bayar, output video tidak bisa kita atur. Untuk lebih jelasnya cek disini.

Sekrinsutnya.  YM gw pake HP gw sebagai Webcam.
pake miror mode.
Jadi, webcam rusak bukan masalah selama masih punya HP dengan OS Android.
:D

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

12 komentar:

  1. Beuh, jadi keinget hape Lexus gw dulu yang langsung bisa dipake cam kayak gini juga di Ubuntu tanpa install apapun, tinggal colok kabel data doank XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw juga udh nyoba yg lewat kabel data, tp kgk berhasil [--"]

      Hapus
  2. mantab banget, kamera webcam dari hape

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP dengan OS Android khususnya. :D

      Hapus
  3. itu namanya tidak ada rotan, akarpun jadi, kreatif sobat, bisa jadikan hape sebagai webcam..keep happy blogging :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup yup...
      tapi gw sekarang lagi mesen webcam ke toko [--"]

      Hapus
  4. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  5. kalo iOS gmn om ? *tos iPhone*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih dulu gw iPhone, ntar gw cariin caranya :D

      Hapus
  6. ga ngerti. gue blm install yg di pcnya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang di PC installnya ga susah kok. yang pnting di HH nya udah ada appsnya. gw saranin yang pakai wireless.

      Hapus

Disarankan meninggalkan jejak sebelum meninggalkan blog saya. agar terjalin silaturahim.
d(^_^)b

NB : Harap tinggalkan nama, setidaknya nama panggilan.